Laman

Kamis, 21 Februari 2013

Cara Membuat Blog

Belajar Membuat Blog di Blogspot

Blog, atau ada juga yang menyebutnya Weblog, adalah sebuah catatan/ jurnal online yang dibuat untuk tujuan tertentu, misalnya Blog pribadi akan berisi kegiatan sehari-hari dari pemilik blog, Blog gosip berisi berita sekitar gosip-gosip para artis, Blog berita berisikan berita-berita terbaru.
Bagaimana dengan blog bisnis? tentunya blog untuk berbisnis dengan cara berjualan produk yang biasa disebut bisnis internet atau bisnis online, yang bentuknya bisa bermacam-macam dari affiliate marketing sampai pembuatan toko online.
blogger-logoDi internet banyak sekali penyedia untuk membuat blog gratis, seperti: www.wordpress.com, www.multiply.com, www.blogster.com, www.blogspot.com, dan banyak yang lainnya.
blogger-5Untuk postingan kali ini saya akan membuat panduan cara membuat blog di Blogger, Blogger atau Blogspot.com adalah penyedia blog gratis dari Google, sehingga nanti nama blog anda adalah www.namabloganda.blogspot.com.
Membuat blog di Blogger secara garis besar ada tiga tahapan yaitu:
1. Membuat Akun
2. Menamai Blog
3. Memilih Template.

Berikut Langkah-langkah cara membuat blog di blogger:

1. Membuat Akun di Blogger

Buka alamat website www.blogger.com, setelah terbuka halaman websitenya klik pada menu “Buat Blog”. (seperti gbr. berikut).
blogger-1

Setelah halaman akun google keluar, selanjutnya anda diminta mengisi beberapa kolom isian, diantaranya:
a. Alamat Email, isi dengan alamat email yang anda punya dan masih aktif, usahakan alamat emailnya dari Gmail atau kalau belum punya alamat email Gmail anda bisa membuat terlebih dulu.

b. Ketik Ulang Alamat Email, ketik alamat email yang sama seperti yang anda dimasukan sebelumnya.
c. Masukan Sebuah Password, isi dengan password pilihan anda, usahakan jangan terlalu pendek.
d. Ketik Ulang Sandi, masukan lagi password yang sama seperti yang dimasukan sebelumnya.(seperti gbr. berikut)
blogger-2

e. Nama Tampilan, isi dengan nama yang menunjukan nama blog anda, nantinya nama tersebut akan menjadi nama akun untuk blog anda.
f. Ulang Tahun, isi dengan tanggal lahir anda.
g. Verifikasi Kata, ketik kata-kata yang ditampilkan pada kolom verifikasi.
h. Penerimaan Persyaratan, centang pada kolom “Saya menerima Persyaratan dan Layanan.
i. Yang terkhir klik pada panah merah “Lanjutkan”. (seperti gbr. berikut)
blogger-3

2. Memberi Nama Blog
Setelah selesai pada tahap membuat Akun Google, tahap selanjutnya adalah memberikan nama pada blog yang akan anda buat, sama seperti tahapan sebelumnya anda diminta mengisi kolom-kolom yang tersedia.

j. Judul Blog, isi dengan nama blog anda, nantinya judul blog tersebut akan di publikasikan pada dasbord dan pada profil anda, judul blog juga bisa diganti nantinya setelah blog sudah jadi.
k. Alamat Blog (URL), isi dengan alamat blog anda, sesuaikan dengan topik blog yang anda buat, alamat URL inilah yang nantinya akan di ketikkan di browser ketika anda hendak membuka blog.
Setelah diisi, klik pada kalimat ” Cek Ketersediaan”, apabila keluar tulisan “Alamat Blog ini Tersedia” anda tinggal melanjutkan ke tahap selanjutnya, tapi apabila keluar “tidak tersedia” anda harus mengganti dengan alamat blog/ URL yang baru.
TIPS: Anda bisa membuat fariasi alamat blog dengan tambahan slash( – ), atau gabungkan antara hurup dan angka, usahakan jangan menggunakan spasi, misalnya kalau alamat bisnisonline.blogspot.com sudah ada yang punya anda bisa menggantinya dengan bisnis-online.blogspot.com atau bisnisonline123.blogspot.com. Yang penting nama alamat blognya di sesuaikan dengan topik blog yang akan anda buat.
Setelah selesai klik pada panah merah “Lanjutkan”! (seperti gbr. berikut)
blogger-4

3. Memilih Template
Tahap berikutnya adalah memilih template yang cocok dengan blog anda, untuk sementara pilih saja salah satu template yang tersedia, karena nanti setelah blognya sudah jadi templatenya bisa di ganti sesuai dengan pilihan selera anda.
Setelah selesai klik pada panah merah “Lanjutkan”! (seperti gbr. berikut).

Sampai tahap ini selesai sudah tahapan pembuatan blog, blog anda sudah jadi dan anda tinggal memposting isi blog anda, selanjutnya klik pada panah merah “Mulai Blogging”. (seperti gbr. berikut).
blogger-6

Pada tahapan memposting blog, anda bisa memasukan konten blog dengan artikel, gambar, atau apapun isi postingan anda pada halaman postingan.
Setelah selesai klik pada tombol menu “Terbitkan Entri”. (seperti gbr. berikut)
blogger-7

blogger-8

Selanjutnya untuk melihat hasil postingan blog anda, anda bisa meng-klik pada menu “Lihat Blog” pada Gbr. di atas, atau bisa juga dengan mengetikan langsung di browser alamat URL blog anda, seperti contoh yang saya buat www.belajar-bisnisonlineku.blogspot.com, maka akan tampil halaman seperti di bawah ini.
blogger-9

Sampai disini tahapan cara membuat blog di Blogger sudah selesai, tugas anda selanjutnya adalah mengisi postingan blog tersebut dengan konten, karena bagaimanapun juga blog itu tidak ada artinya tanpa di isi dengan konten.
Anda bisa menambahkan atau mengedit konten atau bisa juga merubah tampilan template dengan mudah melalui halaman pengaturan, caranya kembali lagi ke tahap pertama dengan terlebih dulu login dengan memasukan nama akun google yang telah anda buat sebelumya. (seperti gbr. berikut)
blogger-1a
Semoga tips ini dapat berguna untuk hari esok bagi nusa dan bangsa!!!!

"TERIMA KASIH"

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.